Berpuasa Ramadhan Sebagaimana Rasulullah SAW Berpuasa

Alhamdulillah, hari ini adalah hari keempat belas berpuasa Ramadhan 1439 Hijriah. Semoga kita selalu diberikan nikmat panjang umur, keberkahan dalam rizki, sehat jasmani dan rohani, sehingga kita dapat menunaikan ibadah puasa ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya dengan semangat dan penuh harap semoga, Allah terima amal ibadah kita semuanya, aamiin ya rabbal’alamiin.

Kita sebagai umat Islam, sudah selayaknya mencontoh dan meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW dalam berbagai hal, termasuk berpuasa Ramadhan. Karena pada diri Rasulullah SAW terdapat suri tauladan yang baik bagi orang-orang yang mengharap Rahmat Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S. al-Ahzab [33]:21 yang artinya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Ada banyak hal yang biasa dan sering dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan menghidupkan Ramadhan, diantaranya adalah berniat puasa sejak malam hari, mengawali puasa dengan makan sahur, menyegerakan berbuka puasa dan shalat setelah berbuka, memperbanyak ibadah selama bulan ramadhan dan iktikaf setelah memasuki 10 hari terakhir Ramadhan.

Rasulullah SAW berniat puasa Ramadhan pada malam harinya. Diriwayatkan dari Hafsah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang tidak berniat untuk puasa Ramadhan sejak malam, maka tak ada puasa baginya.” HR. Abu Dawud.

Rasulullah SAW juga mengawali makan sahur setiap akan berpuasa, mengakhirkannya, yakni menjelang datangnya waktu imsak. Makan sahur akan membuat kita lebih mantab dan bersemangat dalam menunaiakn ibadah puasa. Rasulullah SAW juga menyegerakan berbuka puasa saat waktunya tiba, yakni dengan tiga buah kurma atau dengan segelas air putih.

Selain itu, Rasulullah SAW juga memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan, baik ibadah wajib maupun ibadah sunah. Apalagi di sepuluh terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah selalu memperbanyak Iktikaf di Masjid. Semoga, kita dapat mencontoh dan meniru gaya hidup Rasulullah SAW, sehingga kita diberikan keberkahan hidup oleh Allah SWT, aamiin ya rabbal’alamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 1 =