Keutamaan Shalat Berjamaah dan Kemuliaan Hari Jum’at

Alhamdulillah, hari ini Allah kembali memberikan kemudahan untuk melangkahkan kaki ke Masjid Jami Al Mukarromah Kelurahan Lagoa Kecamatan Koja, dalam rangka Shalat Maghrib dan Shalat Isya berjamaah, dirangkai dengan kajian rutin mingguan. Dan, kajian utama malam ini seputar keutamaan shalat berjamaah.

Sebelum banyak yang hilang dari ingatan ini, saya tuliskan sedikit ilmu yang tadi saya terima, semoga menjadi amal baik dan bermanfaat untuk kita semuanya, aamiin ya rabbal’alamiin.

Shalat lima waktu adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan, baligh dan berakal. Bagi muslim yang laki-laki, melaksanakan shalat wajib, wajib berjamaah. Kewajiban shalat berjamaah ini hukumnya adalah fardhu kifayah. Sedangkan bagi muslim perempuan tidak ada kewajiban shalat berjamaah.

Sedangkan shalat Jum’at wajib dilaksanakan muslim laki-laki secara berjamaah, dan hukumnya berjamaah shalat Jum’at adalah fardhu ‘ain. Juga tidak ada kewajiban bagi muslim perempuan.

Keutamaan shalat berjamaah diantaranya adalah mendapatkan pahala kurang lebih dua puluh tujuh derajat lebih tinggi dibanding shalat sendirian. Selain itu, juga untuk menjaga silaturahim sesama muslim, saling kenal memgenal dan untuk mengetahui keadaan saudaranya. Ikhlaskan hati kita saat melaksanakan shalat berjamaah, didalam shalat berjamaah ada keridhaan Allah SWT, karena keridhaan Allahlah yang kita harap-harapkan.

Serigala akan memangsa kambing atau domba yang memisahkan diri dari kawanannya. Begitu juga dengan setan dan iblis akan menyesatkan orang Islam karena tidak mau shalat berjamaah di Masjid atau di Mushalla.

Oh iya, tadi juga dibahas Kemuliaan Hari Jum’at. Nabi Adam AS diciptakan Allah SWT pada hari Jum’at. Nanti hari kiamat juga akan terjadi pada hari Jum’at. Oleh karena itu, kita disuruh untuk memperbanyak membaca Shalawat Nabi pada hari Jum’at dan pada malam Jum’at.

Kenapa kita disuruh banyak membaca Shalawat Nabi? Karena ciri-ciri orang yang beruntung diantaranya adalah orang-orang yang banyak membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW. Sesungguhnya Allah dan Malaikat bershalawat atas nabi, maka bershalawatlah!

Bersyukurlah kita jika diberikan kemudahan dan kemampuan untuk dapat melaksanakan shalat wajib dengan berjamaah di masjid, karena banyak orang yang secara fisik mampu untuk shalat berjamaah di masjid, tetapi hatinya tidak digerakkan dan tidak diberikan kemampuan oleh Allah SWT. Semoga kita selalu dan senantiasa mendapatkan petunjuk, rahmat dan keridhaan dari Allah SWT, aamiin ya rabbal’alamiin.

Terima kasih sudah membaca tulisan singkat ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − eleven =