Materi Penataran Wasit dan Juri Pencak Silat Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017

 

Materi Penataran Wasit dan Juri Pencak Silat Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017 meliputi Materi Fisik dan Non Fisik yang diberikan oleh narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya.

 

Kepemimpinan

Materi Kepemimpinan disampaikan oleh bapak Erizal Chaniago yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (Sekum PB IPSI). Uraian singkatnya sebagai berikut :

Seorang pemimpin harus ada di depan, memiliki rasa bertanggung jawab, memahami peraturan, santun dalam bersikap dan berani mengambil keputusan. Menjadi Wasit Juri Pencak Silat adalah Pilihan dan menjadi Pemimpin adalah Kehormatan. Apakah bisa seorang Wasit Juri Pencak Silat menjadi pemimpin? Tentu saja! Karena sejatinya seorang Wasit Juri adalah seorang pemimpin, Wasit memimpin pertandingan dan Juri memberikan penilaian.

Pemimpin yang baik harus bertanggung jawab, bertanggung jawab kepada dirinya sendiri, bertanggung jawab kepada orang yang dipimpinnya, juga bertanggung jawab kepada organisasi atau lembaga yang memberikan kepercayaan padanya.

Kalau mau jadi pemimpin, jadilah pemimpin yang bisa menjadi contoh suri taudalan yang baik bagi anggotanya. Kalau pingin anggotanya disiplin datang tepat waktu misalnya, ia harus lebih disiplin datang tepat waktu, lebih baik lagi jika bisa datang lebih dulu sebelum anggotanya datang.

Agar orang lain suka dengan cara kita memimpin, kita harus santun dalam bersikap, menghormati orang lain, menghormati orang yang lebih tua dan tidak boleh sombong. Kita harus lebih mengerti dan lebih memahami, bisa menjadi sandaran tempat bertanya bagi anggotanya, bertambah cerdas dan semakin terampil dan harus selalu berlaku jujur.

Kalau kita kurang cerdas dapat kita perbaiki dengan belajar, kalau kita kurang cakap dapat kita perbaiki dengan pengalaman, tapi kalau kita kurang jujur maka itu akan sulit untuk diperbaiki. Jadi teruslah belajar untuk semakin cerdas dan seringlah praktik untuk semakin terampil. Kejujuran dapat dipupuk dengan berkumpul bersama teman yang baik, saling merangkul dan mendoakan dalam kebaikan.

Kalau bisa setiap hari bertambah satu teman baik, karena itu akan adalah sebuah nikmat.

 

Prime Performance – Penampilan Prima

Materi Prime Performance – Penampilan Prima disampaikan oleh bapak Yudhi Ismayadi, seorang Pendiri PRIME Character, Pengajar di PPM Manajemen, John Robert Powers, Pasca Univ Pakuan dan Univ Budi Luhur. Uraian singkatnya sebagai berikut :

Penampilan menunjukkan siapa kita, you are what you wear. Penampilan adalah citra diri, menunjukkan siapa kita. Maka penampilan haruslah kita jaga, karena orang lain akan menilai kita dari pandangan pertama. Penampilan juga merupakan sarana komunikasi dan tampil menarik adalah salah satu kunci sukses.

Kita harus membangun Personal Branding dengan cara berpenampilan yang baik, yaitu dengan berpakaian dan bersikap yang baik. Dalam berpakaian, perhatikan kebersihan dan kerapihan seluruh tubuh, pakaian apa yang dikenakan, perlengkapan lainnya seperti ikat pinggang dan sepatu, tata rias rambut dan wajah, dan perhatikan juga jangan sampai bau badan maupun bau mulut mengganggu kita dalam berkomunikasi.

Demikian juga dalam bersikap, orang lain akan menghargai kita sebagaimana kita ingin orang lain menghargai kita. Orang lain dapat menilai kita baik atau tidak melalui bagaimana cara berbicara, bagaimana kita mendengarkan, bagaimana tatapan mata kita, bagaimana cara kita berjalan, bagaimana bahasa tubuh kita. Penampilan dan sikap kita itu akan membentuk kepribadian kita.

Kepribadian yang menarik akan menjadi sangat baik bila didukung dengan tiga hal berikut, yaitu beauty, brain dan behaviour.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + eight =