Komunikasi Efektif, “Teamwork” yang Solid dengan Emergenetics pada Pelatihan Wasit Juri Pencak Silat DKI Jakarta

Alhamdulillah, puji serta rasa syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas ijin dan ridhanya, sehingga saya dapat mengikuti kegiatan Capacity Building Program Pelatihan Wasit Juri Pencak Silat dengan materi : Komunikasi Efektif, “Teamwork” yang Solid dengan Emergenetics yang disampaikan dengan sangat menarik oleh ibu Maria Qibtiyah, seorang Facilitator, Consultant dan Coach.

Emergenetics adalah kombinasi antara karakteristik yang timbul dari pengalaman hidup kita, ditambah faktor genetik ketika kita lahir. Secara ilmiah ditemukan bahwa temperamen individu dapat digambarkan dengan memakai tiga Atribut Perilaku dan empat Atribut Berpikir. Setiap Atribut kita digambarkan dalam sebuah spektrum. Apakah Atribut kita berada di satu sisi atau sisi lainnya – atau di tengah – kita sempurna sebagaimana adanya.

Satu hal yang menarik dari Emergenetics adalah kemampuannya mencakup variasi tak terhingga pada orang yang berbeda. Tujuh Atribut Perilaku dan Atribut Berpikir bisa dipadu-padankan dalam tingkat berbeda untuk mendeskripsikan setiap orang secara akurat.

Saya juga baru sekali ini mengikuti Pelatihan Emergenetics dan belum sepenuhnya memahami apa itu Emergenetics. Tapi pada intinya adalah agar kita lebih memahami kepribadian kita masing-masing, perbedaan satu orang dengan yang lain adalah hal biasa, tetapi kekurangan dan kelebihannya saling melengkapi dan saling menguatkan.

Materi Komunikasi Efektif, “Teamwork” yang Solid dengan Emergenetics pada Pelatihan Wasit Juri Pencak Silat DKI Jakarta Tahun 2018 ini, disampaikan oleh narasumber ibu Maria Qibtiyah, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 sampai 7 orang yang memiliki Profil Emergenetics berbeda-beda, memiliki tingkat keekspresifan, keasertifan dan fleksibilitas yang berbeda.

Profil Emergenetics setiap peserta didapat dari hasil pengisian kuesioner yang diisi peserta sebelum acara Capacity Building Program Pelatihan Wasit Juri Pencak Silat DKI Jakarta ini dimulai. Dalam setiap kelompok ada yang pendiam, suka tampil, juru damai, tegas, percaya diri, bekerja berdasarkan petunjuk teknis, terburu-buru, lebih nyaman di kesendirian maupun keramaian.

Sampel video Pelatihan Wasit Juri Pencak Silat DKI Jakarta Tahun 2018 ada disini : https://www.youtube.com/watch?v=iHSFlH87Br4&t=144s

Setelah selesai pelatihan ini, diharapkan setiap peserta bisa mengenal diri sendiri atau kepribadiannya masing-masing, juga bisa mengenal kepribadian teman-temannya, bisa menerima di setiap kondisi, menjaga dan menghormati teman yang pendiam maupun yang periang.

Emergenetics, sebuah ilmu untuk Mengidentifikasi Preferensi Individual kita. Anda juga dapat melihat dan membaca contoh Profil Emergenetics Mas Misran di tautan ini. Untuk penjelasan tentang Profil Emergenetics dapat dibaca di Penjelasan Singkat Profil Emergenetics Mas Misran ditautan ini. Agar lebih memahami Profil Emergenetics masing-masing dapat dibaca contoh Memahami Profil Emergenetics Mas Misran di tautan ini.

Terima kasih sudah membaca tulisan Komunikasi Efektif “Teamwork” yang Solid dengan Emergenetics Pada Kegiatan Capacity Building Program Pelatihan Pencak Silat DKI Jakarta ini. Semog bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 8 =