Pelatihan Dasar Koperasi BKS PPM Manajemen

Alhamdulillah, saya Mas Misran, bareng Mas Aldi dan Mas Ervin, mewakili Calon Pengurus KOPER WEJE, Koperasi Wasit Juri Ikatan Pencak Silat Indonesia DKI Jakarta, mengikuti Pelatihan Dasar Koperasi yang diselenggarakan oleh Koperasi Karyawan Bina Keluarga Sejahtera (Kopkar BKS) PPM Manajemen tanggal 25 – 26 Januari 2020.

Pelatihan Dasar Koperasi ini dilaksanakan di Ruang A100 Gedung PPM Manajemen, Jl. Menteng Raya No. 9 Jakarta Pusat, dengan materi Pengetahuan Dasar Koperasi, Manajemen Keuangan Koperasi, Fungsi Pemasaran sebagai Ujung Tombak Bisnis dan Dasar-Dasar Manajemen SDM.

Kami mengikuti Pelatihan Dasar Koperasi yang diselenggarakan oleh Kopkar BKS PPM Manajemen ini untuk belajar, mengetahui dan memahami tentang ekonomi koperasi, mulai dari bagaimana langkah awal mendirikan koperasi, persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendirikan koperasi, tujuan koperasi didirikan hingga manfaat menjadi anggota koperasi.

Sebagai gambaran singkat saja bahwa saat ini Kopkar BKS PPM Manajemen telah memiliki aset yang bernilai kurang lebih 40 miliar, padahal modal awal pendirian Kopkar BKS PPM Manajemen ini tidaklah besar. Namun karena dikelola dengan baik oleh orang-orang yang mampu menjaga amanah anggotanya, memiliki SDM unggul dan berkompetensi di bidangnya, semakin lama Kopkar BKS PPM Manajemen semakin maju dan berkembang. Hingga saat ini telah beranggotakan kurang lebih 800 orang dan memiliki berbagai unit usaha.

Kami merasa sangat senang belajar bersama teman-teman Kopkar BKS PPM Manajemen, karena bukan hanya ilmu tentang koperasi yang disampaikan pada pelatihan ini, tetapi juga bersifat umum yang dapat kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan kerja

Jadi, tidak salah jika Ketua Lembaga Wasit Juri IPSI DKI Jakarta, Ibu Wahyuni mengirim kami untuk belajar, menimba ilmu untuk mendirikan Koperasi Wasit Juri IPSI DKI Jakarta atau “KOPER WEJE” pada Pelatihan Dasar Koperasi BKS PPM Manajemen. Karena narasumber atau pembicaranya adalah orang-orang yang memiliki SDM unggul dan berkompetensi di bidangnya.

Materi pertama disampaikan oleh bapak Yusup, S.Kom, membahas tentang Pengetahuan Dasar Koperasi. Pada materi ini peserta diharapkan memahami sejarah singkat koperasi, pengertian koperasi, tujuan koperasi, prinsip koperasi, struktur dan mekanisme kerja koperasi, serta Tugas Pengurus, Pengawas dan Manajemen Koperasi.

Materi kedua disampaikan oleh bapak Sunarto, SE dengan materi Manajemen Keuangan Koperasi. Pada materi ini peserta diharapkan dapat mengelola keuangan koperasi, membuat laporan keuangan, menghitung deviden/SHU dengan contoh kasus.

Materi ketiga disampaikan oleh bapak Rahadi Catur Yuwono, MM., M.Com, dengan materi Fungsi Pemasaran, Ujung Tombak Bisnis. Dan, materi keempat disampaikan oleh bapak Achmad Fahrozi, SE., MM dengan materi Dasar-Dasar Manajemen SDM. Penjelasan Materi Pelatihan Dasar Koperasi yang disampaikan oleh keempat narasumber akan disajikan secara terpisah.

Terima kasih kepada Panitia Pelatihan Dasar Koperasi BKS PPM Majemen, juga kepada seluruh pengisi pembicara, yakni bapak Yusup, S.Kom, bapak Sunarto, SE, bapak Rahadi Catur Yuwono, MM., M.Com, dan bapak Achmad Fahrozi, SE., MM dengan materi Dasar-Dasar Manajemen SDM.

Tidak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Wahyuni selaku Ketua Lembaga Wasit Juri IPSI DKI Jakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menimba ilmu bersama Kopkar BKS PPM Manajemen. Semoga kami dapat melaksanakan amanah teman-teman Wasit Juri IPSI DKI Jakarta dalam rangka pendirian Koperasi Wasit Juri “KOPER WEJE”, untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi Anggota Wasit Juri IPSI DKI Jakarta.

Semoga Allah SWT selalui meridhai niat baik dan keihklasan kita, aamiin ya rabbal’alamiin. Mas Misran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − seven =