Pelatihan ICT Pembelajaran e-Learning Bagi Tenaga Pendidik Tahun 2019

Alhamdulillah, tanggal 30 sampai 31 Agustus 2019 saya kembali mengikuti Pelatihan ICT Pembelajaran e-Learning bagi Tenaga Pendidik Tahun 2019 di SMP Hang Tuah 2 Cipulir Jakarta Selatan, mulai pukul 08.00 s.d 15.00 WIBB, dengan narasumber utama dari Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Materi utama yang disampaikan pada Pelatihan ICT ini adalah seputar pemanfaatan Rumah Belajar di ‘http//belajar.kemdikbud.go.id’, khususnya pada Fitur Kelas Maya. Mulai dari pembuatan/pendaftaran Akun Sekolah, pendaftaran Akun Guru, Pendaftaran Akun Siswa, Pengelolaan Kelas Maya, dan Pembuatan Modul Belajar.

Selain materi utama itu, diajarkan juga tentang pencarian dan pengunduhan gambar secara khusus. Pada hari kedua materi lebih khusus pada pembuatan media pembelajaran menggunakan Aplikasi PowerPoint. Bagaimana membuat Multimedia untuk pembelajaran yang baik, sehingga pesan yang akan disampaikan kepada audien dapat diterima dengan baik, tidak terganggu gambar dan warna/latar belakang yang tidak diperlukan. Pelatihan ICT Pembelajaran e-Learning ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 2 Cipulir, Bapak Drs. Aris Supriyanto pada hari Jum’at tanggal 30 Agustus 2019 pukul 08.00 dan tutup pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2019 pukul 14.50 WIBB.

Narasumber utama adalah Ibu Yane Hendarrita dan Ibu Dwi Harianti sebagai JFT Pengembang Teknologi Pembelajaran Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sedangkan yang menjadi peserta adalah perwakilan guru SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 2, SMP Hang Tuah 3, SMP Hang Tuah 4, SMP Hang Tuah 6 dan SD Hang Tuah 4.

Oh iya, yang diceritain kok masalah pelatihannya aja ya, yang lain perlu diceritain nggak nih? Ok deh, yang lain sepertinya perlu juga buat diceritain ya. Trus, apa aja yang mau diceritain? Itu, gimana perjalanannya sampai lokasi, ok, gimana tempat pelatihannya, ok, penyambutannya gimana, ok juga deh, lainnya juga okeh 🙂 .

Waktu dapet info untuk ikut Pelatihan ICT ini, rasanya tuh berat banget. Kebayang jaraknya rumah ke lokasi SMP Hang Tuah 2 di Cipulir kan jauh banget, perlu waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Apalagi kegiatannya di hari Jum’at dan Sabtu, hari Sabtu yang seharusnya libur. Karena Pelatihan ICT ini boleh dikata adalah bagian dari kelanjutan Pelatihan ICT di Sentul waktu itu, maka saya harus bersedia untuk ikut giat ini.

Perjalanannya menuju lokasi giat dilaksanakan lumayan ramai lancar di pagi hari, dan ramai padat kadang tersendat di sore hari. Karena masih agak bingung arah tujuan dan kembalinya, seperti biasa jadi muter-muter cari arah yang pas, alias kesasar dikit, hehehehe.

Suasana SMP Hang Tuah 2 Cipulir Jakarta Selatan sebagai tempat Pelatihan ICT ini, terlihat bersih dari sampah, sejuk dengan rindangnya pepohonan, nyaman jauh dari bisingnya kendaraan, ramah dengan kehangatan sambutan dari bapak/ibu guru selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan.

Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan, ilmu dan pengetahuan. Terima kasih sudah membaca tulisan singkat ini, semoga bermanfaat untuk kebaikan kita di dunia dan akhirat, aamiin, aamiin ya rabbal’alamiin. Mas Misran

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


four + 2 =