Persiapan Penataran Wasit dan Juri Pencak Silat Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017

Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengprov IPSI) DKI Jakarta kembali akan menyelenggarakan Penataran Wasit dan Juri Pencak Silat Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Nopember 2017 dengan tema “Penataran Wasit Juri Pencak Silat Tahun 2017 untuk Menciptakan Wasit dan Juri Yang Beretika, Berwibawa dan Bertanggung Jawab”.

Tujuan kegiatan ini adalah pertama untuk merealisasikan Peraturan Pertandingan serta Pedoman Wasit dan Juri Pencak Silat agar lebih dipahami dan dimengerti bagi para pihak yang secara langsung berkaitan dengan pelaksanaan pertandingan, kedua untuk mempersiapkan sumber daya yang berintegritas tinggi sebagai bagian perangkat pertandingan untuk lebih memahami dan menguasai mengenai tata cara dan kegiatan pertandingan pada lingkup IPSI DKI Jakarta khususnya keterlibatan secara langsung dalam pelaksanaan pertandingan, dan ketiga untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berwibawa, beretika dan bertanggung jawab dalam memimpin pertandingan untuk menghasilkan atlet-atlet yang disegani serta dapat mewakili DKI Jakarta dalam lingkup Nasional maupun Internasional.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta penataran adalah Surat Rekomendasi Pengurus Kota IPSI masing-masing wilayah khusus untuk Wasit Juri Cabang naik ke Tingkat DKI, surat keterangan sehat dari dokter, fotocopy Sertifikat Wasit Juri Pencak Silat, pas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar (memakai Seragam Wasit Juri), membawa peralatan olahraga (sepatu sport, pakaian pencak silat warna hitam dan kaos olahraga), membawa obat-obatan pribadi dan membayar biaya penataran sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Materi yang akan disampaikan pada kegiatan Penataran Wasit dan Juri IPSI Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017 ini meliputi Motivasi dan Arahan oleh bapak H. Biem Triani Benjamin (Ketua Umum IPSI DKI Jakarta), Materi TGR (Tunggal, Ganda, Regu) oleh bapak Fahmi Wardi (PB. IPSI), Materi Organisasi oleh bapak Djohansyah Lubis (Ketua Bidang Tehnik IPSI DKI), Materi Kepemimpinan oleh bapak Erizal Chaniago (Sekretaris Umum PB. IPSI), Materi Psikologi Olahraga oleh bapak T. Irwan Amrun (KONI Pusat), Materi Diskusi Kasus Peraturan Pertandingan oleh ibu Kristina Puji, bapak Abu Bakar dan bapak Ilham Ria Subekti (Lembaga Wasit Juri DKI), Materi Etika/Komunikasi oleh bapak Yudhi Ismayadi (Jhon Robert Powers), Penguji TGR bapak Eko Wahyudi dan selaku Ketua Panitia Pelaksana adalah bapak Bonar Sitorus.

Persiapan apa saja yang harus disiapkan oleh calon Peserta Penataran Wasit dan Juri Pencak Silat Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017 ini? Persiapan pertama tentunya adalah memenuhi seluruh persyaratan yang diminta oleh Panitia Pelaksana sebagai kelengkapan administrasi, mulai dari proses pendataan, proses pelaksanaan hingga proses pelaporan.

Kalau persyaratan administrasi sudah dipenuhi, beberapa hal yang harus dipersiapan untuk mengikuti Penataran Wasit dan Juri Pencak Silat adalah persiapan Materi Peraturan Pertandingan Pencak Silat, persiapan fisik dan mental untuk mengikuti seluruh kegiatan penataran sesuai yang direncanakan.

Untuk menjaga agar stamina tubuh kita tetap prima selama kegiatan penataran, selain mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, disarankan untuk menyiapkan fisik kita dengan berolahraga secara teratur. Karena selain materi peraturan pertandingan pencak silat yang harus dikuasai oleh peserta penataran, biasanya kebugaran tubuh juga akan diuji menggunakan metode lari dengan jarak dan/waktu tempuh yang harus dipenuhi. Tentunya kebugaran tubuh kita juga akan memberikan nilai positif pada kelulusan penataran wasit dan juri pencak silat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =