Tugas Wasit dan Juri Pencak Silat

Pengertian dari Wasit adalah seseorang yang memimpin jalannya suatu pertandingan, sedangkan pengertian Juri adalah seseorang yang memberikan penilaian terhadap peserta suatu pertandingan/perlombaan. Jadi pengertian Wasit dan Juri Pencak Silat adalah seseorang yang memimpin jalannya Pertandingan Pencak Silat dan seseorang yang memberikan penilaian terhadap pesilat pada Pertandingan Pencak Silat sesuai dengan Peraturan Pertandingan Pencak Silat yang berlaku.

Wasit Pencak Silat

Wasit Pencak Silat adalah seseorang yang memimpin jalannya pertandingan Pencak Silat, mulai dari Persiapan Pertandingan, Pelaksanaan Pertandingan sampai dengan Selesainya Pertandingan.

Pertandingan Pencak Silat akan berlangsung dengan baik, dapat dinikmati oleh semua unsur pertandingan, dan kedua Kubu Pesilat tidak merasa dirugikan karena kepemimpinan seorang Wasit. Pertandingan Pencak Silat akan berlangsung buruk, tidak dapat dinikmati oleh semua unsur pertandingan dan adanya ketidak puasan kedua Kubu Pesilat karena kepemimpinan Wasit.

Jadi, baik atau buruk jalannya suatu Pertandingan Pencak Silat

salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan seorang Wasit Pencak Silat

 

Tugas Wasit Pencak Silat

Tugas Wasit Pencak Silat mulai dari persiapan masuknya Wasit ke Gelanggang Pertandingan, memanggil kedua Pesilat untuk berjabat tangan dan bersiap untuk mulai pertandingan, memimpin pertandingan selama pertandingan berlangsung, memberikan binaan, teguran dan peringatan kepada Pesilat yang melanggar Peraturan Pertandingan, mengesahkan serangan yang masuk atau membatalkan serangan yang masuk jika terdapat indikasi pelanggaran, sampai dengan  berakhirnya babak akhir pertandingan, memanggil kedua Pesilat  pada saat keputusan pemenang yang akan diumumkan dan pemenang diangkat tanggannya oleh Wasit, dilanjutkan dengan memberi hormat kepada Ketua Pertandingan, kemudian Pesilat meninggalkan Gelanggang Pertandingan diikuti Wasit dan Juri dan melaporkan kepada Ketua Pertandingan bahwa Wasit dan Juri telah selesai melaksanakan tugas.

Sikap Wasit Pencak Silat

Seseorang yang bertugas sebagai Wasit pada Pertandingan Pencak Silat harus bersikap tegas, cerdas, cermat dan bijak.

Wasit Harus Tegas

Seorang Wasit Pencak Silat harus bersikat tegas. Tegas dalam arti tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan, mengesahkan serangan sah yang masuk, memberikan sanksi terhadap setiap pelanggaran Peraturan Pertandingan.

Wasit Harus Cerdas

Seorang Wasit Pencak Silat harus bersikap cerdas. Cerdas dalam arti  dapat mengatur jalannya pertandingan sesuai Peraturan Pertandingan sehingga pertandingan dapat dinikmati oleh semua unsur pertandingan, mulai dari Peserta Pertandingan, Tim Manager, Dewan Pertandingan dan tentunya adalah penonton / suporter pertandingan.

Wasit Harus Cermat

Seorang Wasit Pencak Silat harus bersikap Cermat. Cermat dalam arti harus betul-betul mengamati dan mengawasi kedua Pesilat dalam bertanding, apakah ada usaha mengalahkan lawan dengan kecurangan atau tidak. Jika seorang Pesilat melakukan pelanggaran, sekecil apapun dan itu terlihat oleh Wasit, maka Wasit harus segera memberhentikan Pertandingan dan memberikan Peringatan, Teguran atau Binaan kepada Pesilat yang melanggar Peraturan Pertandingan.

Wasit Harus Bijak

Seorang Wasit Pencak Silat harus bersikap Bijak. Bijak dalam arti mengambil keputusan harus berdasarkan pengamatan dan pengawasan kepada kedua Pesilat, terdapat pelanggaran atau tidak, serangan sah atau tidak. Seorang Wasit tidak boleh berat sebelah atau tidak adil dalam mengambil keputusan. Mengesahkan serangan sah yang masuk dan memberikan sanksi terhadap pelanggaran peraturan pertandingan.

Juri Pencak Silat

Juri Pencak Silat adalah seseorang yang memberikan penilaian terhadap Pesilat pada Pertandingan Pencak Silat.

Hasil penilaian yang adil akan memberikan kepuasan kepada semua unsur pertandingan karena tidak ada unsur berat sebelah, dalam arti penilaian berimbang berdasarkan pengamatan terhadap serangan sah yang masuk dan pengurangan nilai terhadap pelanggaran yang dilakukan Pesilat.

Tugas Juri Pencak Silat

Tugas Juri Pencak Silat dimulai dari masuknya Juri ke tempat penilaian, mengisi Formulir Penilaian, memberikan penilaian terhadap Pesilat dalam suatu pertandingan, mencatat pelanggaran-pelanggaran, menentukan pemenang berdasarkan jumlah nilai, menandatangani formulir yang telah diisi, menjawab pertanyaan Delegasi Teknik Ikatan Pencak Silat Indonesia, Ketua Pertandingan, Dewan Wasit-Juri dan Wasit jika diperlukan. Tugas Juri berakhir bersamaan dengan Wasit dan melaporkan kepada Ketua Pertandingan bahwa Juri dan Wasit telah selesai melaksanakan tugas.

Sikap Juri Pencak Silat

Seseorang yang bertugas sebagai Juri pada Pertandingan Pencak Silat harus bersikap cermat, jujur dan adil.

Juri Harus Cermat

Seorang Juri Pencak Silat harus bersikap Cermat. Cermat dalam arti Juri dalam memasukkan nilai dan catatan pelanggaran, benar pada kolom yang disediakan. Serangan sah oleh Pesilat Sudut Merah, maka nilainya dimasukkan pada kolom Pesilat Sudut Merah. Tidak boleh salah memasukkan nilai dan catatan pelanggaran pada kolom yang salah. Tidak boleh mencoret-coret Formulir Penilaian kecuali untuk kepentingan penilaian saja.

Juri Harus Jujur

Seorang Juri Pencak Silat harus bersikap Jujur. Jujur dalam arti memberikan penilaian terhadap semua serangan sah yang masuk tanpa menguranginya dan mencatat semua pelanggaran yang dilakukan Pesilat berdasarkan isyarat Wasit.

Juri Harus Adil

Seorang Juri Pencak Silat harus bersikap Adil. Adil dalam arti memberikan penilaian dan mencatat semua pelanggaran pada Formulir Penilaian, tidak memihak kepada salah satu Kubu Pesilat.

Jumlah Juri Pencak Silat

Pada Peraturan Pertandingan Pencak Silat disebutkan pada Pasal 16 tentang Kriteria, Tugas dan Tanggung Jawab Panitia Pertandingan, diuraikan kembali pada point :

6.2. Jumlah Wasit dan Juri yang bertugas dalam satu kejuaraan pencak silat adalah  15 orang untuk satu gelanggang ditambah 2 orang ketua pertandingan dan  3 orang Dewan Wasit Juri

6.2.1. Dalam Pertandingan Kategori Tanding, dipimpin oleh seorang Wasit dan dibantu oleh 5 orang Juri.

6.2.2. Dalam kategori Tunggal, Ganda dan Regu dinilai oleh 5 ( lima ) orang Juri. Nilai tertinggi dan nilai terendah yang diberikan oleh Juri tidak diperhitungkan / dicoret. Penjumlahan dari nilai yang diberikan oleh ketiga orang Juri yang tidak dicoret adalah merupakan hasil nilai yang diperoleh  peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =