Latihan Rutin Siswa SH Terate Rayon Kodamar SMP Hang Tuah 3, 29 Januari 2019

Alhamdulillah, Latihan Rutin Siswa SH Terate Rayon Kodamar SMP Hang Tuah 3, tanggal 29 Januari 2019 berlangsung tertib dan lancar. Materi yang disampaikan hari ini, mulai diberikan tambahan materi Jurus Tunggal Baku IPSI. Jurus Tunggal Baku IPSI terdiri dari Jurus Tangan Kosong, Jurus Golok dan Jurus Toya.

Hari ini siswa yang datang dan berlatih sebanyak 16 siswa kelas 7 dan 8, tidak ada siswa kelas 9, karena siswa kelas 9 sudah tidak diijinkan lagi mengikuti kegiatan Ekskur. Menurut saya, sayang sekali kalau siswa kelas 9 mau ikut tapi tidak diijinkan dengan alasan supaya fokus belajar.

Padahal dalam latihan Pencak Silat, khususnya Persaudaraan Setia Hati Terate, diajarkan PersaudaraaN, Olahraga, Beladiri, Kesenian dan KeSHan/kerohanian, yang dikenal dengan Panca Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate. Dalam keSHan diajarkan pendidikan karakter yang baik.

Pendidikan karakter yang baik itu diantaranya adalah saling hormat menghormati, baik sesama siswa maupun kepada pelatih, guru dan orang tua. Diajarkan disiplin dan tanggung jawab, baik disiplin dalam latihan maupun kehidupan sehari-hari, bertanggung jawab terhadap keputusannya.

Sudah dipercaya oleh orang tua untuk latihan pencak silat, maka harus bertanggung jawab atas kepercayaan dari orang tua kita. Jangan sampai ijinnya adalah mau latihan, tapi tidak sampai ke tempat latihan tetapi justru bermain. Kepercayaan orang tua kepada kita adalah menjadi tanggung jawab untuk menjaganya.

Diajarkan juga keutamaan belajar, baik belajar pencak silat maupun belajar di sekolah. Bagaimana contoh suri tauladan baik yang diberikan, akan membawa semangat anak-anak untuk giat dalam belajar, disiplin berlatih, menghormati orang tua, sayang terhadap teman, sehingga akan menjadikan mereka manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Semangat berlatih, semangat belajar, semoga sukses selalu menyertaimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 1 =