Tugas Wasit Juri Pencak Silat Di Kejuaraan Pencak Silat ASAD Championship 2018

Alhamdulillah, segala puji serta syukur hanyalah milik Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, atas nikmat dan karunianya, sehingga saya dapat melaksanakan Tugas sebagai Wasit dan Juri Pencak Silat pada Kejuaraan Pencak Silat ASAD Championship 2018 DKI Jakarta Tingkat SD/SMP/SMA tanggal 19 s.d 21 Oktober 2018 di GOR Cempaka Putih Jakarta Pusat.

Terima kasih saya sampaikan kepada Lembaga Wasit Juri DKI Jakarta, khususnya Mbak Wahyuni yang telah berkenan memberikan kepercayaan kepada saya untuk ikut bertugas dan mensukseskan Kejuaraan Pencak Silat ASAD Championship 2018 ini.

Terima kasih juga saya sampaikan kepada Pak Abu Bakar selaku Ketua Lembaga Wasit Juri IPSI Jakarta Utara, yang selalu memberikan semangat dan memotivasi kami agar selalu disiplin, selalu rapi dan tepat waktu, dengan harapan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan meminimalisir kesalahan, sehingga sukses kejuaraannya, sukses Wasit Jurinya, sukses panitianya dan sukses atletnya.

Tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada Mbak Ninik, Pak Suyanto, juga Mbak Melly, yang selalu mengingatkan dan mengoreksi tugas wasit dalam memimpin dan tugas juri dalam menilai suatu pertandingan, tidak berat sebelah, selalu fokus, ikhlas hati dalam bertugas dan selalu siap sedia.

Insyaallah dengan seringnya kita melaksanakan tugas sebagai Wasit dan Juri Pencak Silat akan membuat kita menjadi percaya diri, lebih paham dalam melaksanakan Peraturan Pertandingan Pencak Silat, semakin banyak pengalaman, tentunya lebih banyak benarnya dalam mengambil suatu keputusan.

Oh iya, banyak hal yang mau saya ceritakan dalam tulisan ini, kaitannya tentu saja dengan pelaksanaan Tugas Wasit Juri Pencak Silat di Kejuaraan Pencak Silat ASAD Championship 2018 DKI Jakarta, yakni tentang Kepemimpinan oleh Wasit dan Penilaian oleh Juri.

Kepemimpinan Wasit Pencak Silat

Tugas Wasit Pencak Silat adalah memimpin jalannya suatu Pertandingan Pencak Silat sehingga pertandingan pencak silat dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar, dari awal memimpin pertandingan sampai selesai pertandingan, selamat atletnya, senang pelatihnya, semarak penontonnya, benar penilaianya dan sukses pertandingannya.

Oleh karena itu Wasit Pencak Silat yang sedang bertugas harus benar-benar fokus pada pertandingan yang dipimpinnya, melihat dengan seksama, mengarahkan dan membina atlet yang bertanding jika diperlukan, memutuskan sesuai yang dilihatnya, kalau sekiranya pertandingan tidak seimbang harus berani melapor ke Ketua Pertandingan bahwa pertandingan tidak seimbang.

Penampilan Wasit Pencak Silat harus selalu rapi dan ramah, sopan dan santun, tegas dan berwibawa, bijak dalam mengambil keputusan, apalagi saat menjalankan tugasnya memimpin pertandingan pencak silat. Semua yang terlibat dalam pertandingan pencak silat merasa senang dan nyaman jika dipinpin oleh Wasit yang berintegritas.

Saya berusaha sedapat mungkin melaksanakan Tugas Wasit Pencak Silat dengan sebaik-baiknya, diantaranya dengan cara menerima evaluasi dari teman-teman sesama wasit, menerima arahan dari yang lebih dituakan, juga belajar dari pengalaman. Semua itu tentunya didasari oleh kecintaan saya terhadap kemajuan Pencak Silat, agar tidak salah dalam memilih Atlet Pencak Silat.

Penilaian Juri Pencak Silat

Tugas Juri Pencak Silat adalah memberikan nilai kepada atlet yang bertanding pada pertandingan pencak silat, menuliskan nilainya pada alat yang disediakan, baik menggunakan kertas dan pulpen maupun menggunakan perangkat IT (information technology).

Penting untuk menjadi perhatian adalah jangan sampai salah dalam memasukkan nilai, seperti nilai untuk sudut merah tetapi salah masuk ke sudut biru atau sebaliknya, karena menjadi fatal akibatnya jika tidak disadari hingga pertandingan selesai.

Jangan juga sampai terjadi nilai yang sama hingga akhir pertandingan, karena akan membuat kita bingung dalam menentukan keputusan, kecuali kita sudah jelas betul ada salah satu yang melanggar atau nilai prestasinya lebih dari yang lain.

Alhamdulillah selama melaksanakan Tugas Wasit dan Juri Pencak Silat di Kejuaraan Pencak Silat ASAD Championship 2018 DKI Jakarta Tingkat SD/SMP/SMA tanggal 19 s.d 21 Oktober 2018 ini, saya merasa senang dan nyaman selama bertugas walaupun hari pertama dan hari ketiga harus sampai malam hari.

Semoga dalam menjalankan tugas pada Kejuaraan Pencak Silat berikutnya dapat lebih semangat lagi, lebih nyaman lagi, lebih fokus lagi, lebih disiplin lagi dan lebih percaya diri lagi, aamiin, aamiin ya rabbal ‘alamiin. Mas Misran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =